Thursday, 21 May 2015

// // Leave a Comment

2 Macam Penyebab Nyeri Pinggang

Semua orang pastinya pernah merasakan nyeri pinggang. Baik itu lelaki ataupun perempuan, baik itu tua maupun yang muda. Semuanya pernah merasakan nyeri pinggang. Nyeri pinggang bisa terjadi karena posisi tubuh yang salah ataupun karena mengangkat beban yang berat sebelah.

Nyeri pinggang juga bisa dialami oleh orang yang sedang demam dan juga seorang ibu hamil. Hanya saja sakit pinggang yang dialami oleh ibu hamil biasanya terjadi di bagian pinggang belakang.Nah, kali ini saya akan membahas mengenai sakit pinggang dan penyebab nyeri pinggang. Berikut ini informasi selengkapnya.
2 Macam Penyebab Nyeri Pinggang

2 Jenis Penyebab Nyeri Pinggang


Sulit menentukan apa sebenarnya penyebab sakit pinggang atau nyeri pinggang. Bahkan meskipun sudah dilakukan berbagai tes medis. Namun, ada beberapa penyebab sakit pinggang secara umum seperti di bawah ini:

1. Penyebab Non Mekanis

Biasanya penyebab non mekanis terjadi pada penderita nyeri punggung bawah ataupun LBP. Di mana ini tidak melibatkan berbagai faktor fisik. Namun lebih menyangkut pada berbagai jenis organ tubuh, seperti misalnya ginjal. Seseorang yang terindikasi batu hinjal dan masalah kandung empedu bisa menyebabkan sakit pinggang.

Nyeri pinggang pada umumnya sangat reaktif dengan keadaan psikis yang mengalami depresi dan tertekan. Untuk sakit pinggang bagian kanan, biasanya berhubungan dengan keadaan emosi kecemasan secara spesifik. Contohnya seperti perasaan takut terhadap sesuatu. Seperti misalnya masalah bisnis, pekerjaan, rumah tangga, dan juga masalah seperti hutang piutang.

2. Penyebab Mekanis

Penyebab mekanis adalah salah satu penyebab nyeri pinggang. Penyabab mekanis maksutnya sakit punggung ataupun pinggang di bagian bawah, ini disebabkan oleh berbagai aktivitas keseharian dan gerak tubuh yang tidak baik sehingga menyebabkan terjadinya ketegangan di bagian otot, terjadinya nyeri sendi dan permasalahan ligamen.

Biasanya, nyeri otot yang terjadi diakibatkan oleh berbagai gerakan ekstrim yang tanpa didahului dengan gerakan peregangan atau pemanasan. Selain itu juga disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan di luar batas kemampuan seseorang. Ini menyebabkan terjadinya keluhan nyeri pinggang di area belakang.

Selain itu juga sakit pinggang bisa disebabkan karena kekurangan istirahat dan kekurangan waktu tidur. Ini biasanya terjadi pada mereka yang tidur kurang dari 5 jam dalam sehari dan dilakukan secara terus menerus selama beberapa hari. Istirahat dan tidur cukup namun tak berkualitas juga menjadi penyebab masalah sakit pinggang.

Posisi tidur seperti tegkurap dan menghadap ke atas yang merupakan posisi tidur kurang baik juga menjadi penyebab masalah sakit pinggang. Selain posisi tidur, posisi ataupun sikap duduk yang tak nyaman dalam waktu lama juga merupakan penyebab masalah nyeri pinggang.

Nah, itulah 2 jenis penyebab nyeri pinggang. Untuk anda yang mengalami nyeri pinggang bisa menentukan penyebab sakit pinggang yang terjadi dari informasi di atas. Semoga artikel ini membantu anda dalam proses penyembuhan nyeri pinggang.

0 komentar:

Post a Comment