Friday, 22 May 2015

// // Leave a Comment

Cara Mengobati Pengapuran Sendi Lutut

Masalah pengapuran sendi lutut atau osteoarhritis tidak sama halnya dengan masalah pengeroposan pada tulang atau osteoporosis. Pengapuran merupakan penyakit di dalam sendi kita, sedangkan osteoporosis merupakan penyakit di dalam tulang kita. Pengeroposan tulang ataupun osteoporosis ini tidak memberikan gejala sama sekali, tidak menimbulkan rasa nyeri kecuali kalau sampai terjadi patah tulang  karena tulangnya rapuh. 

Sebaliknya, masalah pengapuran sendi selalu menyebabkan rasa nyeri, khususnya di bagian sendi lutut. Biasanya, pengapuran sendi pada lutut akan dialami oleh mereka yang berusia di atas 50 tahunan. 
Cara Mengobati Pengapuran Sendi Lutut

Keluhan Pasien Pengapuran Sendi Lutut

  1. Dengan bertambahnya aktivitas, maka rasa nyeri akan semaki terasa
  2. Pada keadaan yang lebih lanjut, rasa nyeri akan semakin timbul meskipun dalam keadaan istirahat
  3. Sendi lutut terasa kaki serta tidak bisa ditekuk atau dilipat dengan sempurna
  4. Seringkali tungkai menjadi berbentuk X atau O
  5. Timbulnya bunyi pada sendi lutut setiap kali adanya gerakan
  6. Adanya bengkak

Pengobatan dan Faktor Penyebab Pengapuran Sendi Lutut

Ada banyak sekali jenis pengobatan untuk osteoarthritis ini. tergantung dari seberapa parah pengapuran yang terjadi. Ada 2 faktor yang berpengaruh terhadap pengapuran sendi yakni karena usia yang mencapai lebih dari 50 tahun dan juga kegemukan atau berat badan berlebih. Untuk jenis kasus pengapuran sendi di usia dini, pengobatannya dimulai dengan cara mengurangi berat badan, didakan beberapa latihan khusus pada lutut, penggunaan alat bantu seperti misalnya tongkat serta dengan fisioterapi. Untuk kasus pengapuran lebih lanjut, perlu dilakukan beberapa obat-obatan.

Untuk tahap berikutnya ketika beberapa jenis pengobatan pengapuran sendi lutut di atas tidak bekerja, maka dibutuhkan tindakan pembedahan atau operasi. Pembedahan untuk pengapuran sendi dilutut ini termasuk operasi sederhana, disebut dengan operasi teropong sendi lutut. Operasinya yakni dengan dilakukan tindakan pembedahan sayatan kecil, hanya membutuhkan luka tidak lebih dari 1 cm saja. operasi yang dilakukan untuk membersihkan kotoran yang diakibatkan oleh pengapuran.

Setelah operasi, pasien pengapuran sendi di lutut tidak lagi membutuhkan alat bantu seperti halnya gips ataupun tongkat. Pasien juga bisa lebih cepat pulah dan bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Beberapa tindakan pembersihan sendi lutut ini menggunakan High Definition Arthroscopic Camera Sistem. Namun untuk kasus lebih lanjut, seringkali pasiennya terpaksa perlu menjalani operasi ganti sendi untuk bisa kembali melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Ada lagi jenis operasi yang memanfaatkan sistem navigasi. Operasi ini dilakukan untuk mendapatkan hasil pembedahan yang lebih memiliki ketepatan tinggi sehingga lebih memberikan fungsi lutut dengan optimal. Jenis operasi lainnya yakni dengan material implant, ini merupakan pembedahan terbaik saat ini. operasinya berlangsung lebih kurang setengah jam saja. pasien juga tidak perlu dibius umum, hanya dibius setempat saja.

Demikianlah pembahasan mengenai pengapuran sendi lutut. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam proses penyembuhan penyakit pengapuran sendi yang sesungguhnya bukan masalah sepeleh ini.

0 komentar:

Post a Comment